Pencegahan dan Penularan Kondiloma Akuminata

Pencegahan dan Penularan Kondiloma Akuminata

Pencegahan dan Penularan Kondiloma Akuminata

Pencegahan dan Penularan Kondiloma Akuminata perlu kita ketahui untuk mengantisipasi tertularnya penyakit ini. Frekuensi terjadinya penyakit ini pada pria dan wanita adalah seimbang. Karena penyakit ini menular diakibatkan hubungan seksual yang berhubungan dengan organ vital seperti penis, vagina dan anus. Yang menjadi penyebab utamanya adalah human papilloma virus (HPV).

 Bentuk dar kutil ini tampak seperti abu-abu atau daging lepuhan yang memiliki akar, adapun kedalaman akarnya ini tergantung pada berapa lama infeksi ini sudah terjadi. Oleh karena itu setelah penderita tahu mengidap penyakit ini maka harus segera melalukan pemeriksaan.

Pencegahan dan Penularan Kondiloma Akuminata


Tapi yang sering menjadi kesukaran dalam mengobati penyakit kondiloma ini adalah masalah kebiasaan hidup penderita yang berhubungan dengan aktifitas seksual dan kebersihan, yang tidak mengindahkan faktor kesehatan. Selain itu hal paling sederhana yang kerap juga tidak diperhatikan oleh penderita sehingga menjadi sebab timbulnya penyakit ini adalah :
  1. Tidak ada kondom yang digunakan pada saat melakukan hubungan seksual.
  2. Hubungan seksual dilakukan dengan pasangan yang belum mengenal secara akrab, sehingga infeksi kemudian dipindahkan karena tidak tahu menahu sama sekali bahwa pasangan tersebut mengidap penyakit ini. 
  3. Pasangan berbohong mengenai riwayat penyakitnya atau menutup-nutupi tentang penyakit yang sedang dialami.
  4. Pasangan yang suka berselingkuh.

Tidak seperti penyakit menular seksual lainya, khusus untuk penyakit ini agak sulit untuk dilacak karena pada beberapa penderita justru sulit ditemukanya gejala. Hal ini juga yang menjadi alasan mungkin saja penderita juga tidak menyadari akan virus yang ditularkan kepada pasanganya.  


Tapi pada dasarnya apapun jenis pengobatan yang dipilih, semua itu memiliki tujuan yang sama, yakni :
  1. Untuk membersihkan daerah kulit tempat bertumbuhnya kutil kelamin.
  2. Untuk memastikan kutil tersebut tidak memiliki 'akar' yang ditinggalkan
  3. Untuk mengusahakan supaya penyakit ini tidak muncul kembali


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser