Penyebab Terjangkit (Tertular) Penyakit Kutil Kelamin

Penyebab Terjangkit (Tertular) Penyakit Kutil Kelamin

Penyebab Terjangkit (Tertular) Penyakit Kutil Kelamin

PENYEBAB KUTIL KELAMIN DAN CARA MENGOBATINYA

Dalam ilmu kesehatan diketahui bahwa yang menjadi penyebab penyakit ini adalah salah satu jenis virus penyakit menular seksual. Dan virus ini bernama Human papilloma virus (HPV). Lebih dari 100 jenis HPV diketahui bisa menjadi penyebab kutil kelamin, yang dapat ditemukan di vulva, vagina, leher rahim, anus, laring, dan penis.

Penyebab Terjangkit (Tertular) Penyakit Kutil Kelamin


Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin.


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penyakit ini disebabkan oleh HPV yang sangat manular di kulit dan disebabkan oleh kontak seksual orang yang sudah terinfeksi, sebagai contoh lebih dari 60% orang yang melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi beresiko mengalami penyakit ini. Biasanya, kutil berkembang di sekitar tiga bulan setelah orang tersebut terinfeksi, tetapi dalam kasus-kasus tertentu gejala pada penderita juga bisa tak terlihat. 

Mendiagnosis kutil kelamin


Jika penyakit ini terjadi pada kaum wanita, kemungkinan besar kutil akan bertumbuh pada bagian dalam vagina, leher rahim, paha atas dan anus. Jika yang menjadi penderita adalah pria maka mungkin juga akan hadir di dalam anus. Selain itu, kutil kelamin pada pria ini bisa bertumbuh di uretra, penis, paha atas, anus atau skrotum. Ini mungkin muncul di dalam anus juga.

Perlu juga diketahui bahwa seks oral juga berisiko menjadi penyebab kutil kelamin hanya saja kutil berkembang di mulut atau tenggorokan penderita. Intinya seorang pasien yang menderita kondisi kesehatan seperti ini perlu mengunjungi petugas kesehatan profesional untuk mengkonfirmasi terjadinya kutil tersebut.

Bagaimana pengobatan Kutil Kelamin


Untuk mengobati penyakit ini tergantung kepada lokasi, penampilan dan jumlah kutil. Anda juga dapat memilih beberapa pengobatan yang selama ini dikenal efektif untuk menyembuhkan kutil kelamin, diantaranya adalah :
  1. Obat topikal, menggunkan obat berbentuk cair atau krim pada kutil selama beberapa hari.
  2. Cryotherapy, kutil dibekukan dalam terapi menggunakan nitrogen cair. Pembekuan ini kemudian yang menyebabkan pengembangan lepuh kecil di sekitar kutil yang akan meluncur turun akhirnya kulit baru akan muncul di tempatnya.
  3. Bedah, kutil dipotong dan penderita sudah dibius lokal sebelum dioperasi.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser